Sunday, May 12, 2013

Tutorial photoshop : efek menghilang jadi pasir (Dissapear photo effect)

Efek Menghilang Jadi Pasir

Sudah 2 minggu ga' upload tutor photoshop nei. Nah pada tutor photoshop kali ini kita bahas bagaimana cara membuat "efek menghilang jadi pasir" atau dalam bahasa jawanya "dissapear photo effect". Kalau penggemarnya naruto pasti tau garra si manusia pasir,nah kira2 seperti itulah. hee
Oke, tidak perlu panjang x lebar x tinggi,, kita langsung saja ke TKP. Tapi sebelumnya, kita persiapkan dulu bahan - bahan yang diperlukan.

  1. Foto yang akan di edit. Disini ane pakai fotonya mba' Devon Aoki. hee
  2. brush (bisa di download disini)
  3. untuk prgram yang saya pakai adalah photoshop cs4 portable, bisa didownload disini atau disini (via 4shared)
LANGKAH 1
Nah langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file foto yang akan kita acak - acak (hee)
Cantik kan mba' Aoki ini. hee


Setelah terbuka, duplikat image background tadi dengan cara tekan Ctrl + J

LANGKAH 2
Setelah di duplikat, lalu kita aktifkan lagi layer backgroundnya dengan cara klik pada layer background. Kemudian tutup sebagian tubuh foto pada layer background dengan menggunakan Clone Tool.
begini nei jadinya (tapi bisa dikreasi sendiri sesuai kemaluan kita,,eh salah,,maap2,,kemauan maksudnya)hee

LANGKAH 3
Setelah selesai, aktifkan kembali layer 1 dan buat layer baru (New Layer) atau tekan Ctrl+shift+N. Kemudian load brush yang sudah di download tadi dengan cara mereplacenya, lalu brows dimana letak kita menyimpan download brush tadi.
Klik Brush Tool >> klik kanan pada Layer >> pilih Replace Brushes

LANGKAH 4
Gunakan Eyedropper untuk menyamarkan warna brush dengan warna gambar/object, lalu klik kembali brush, lalu tempatkan Brush sesuai dengan warna.

Usahakan Brush tersusun dengan rapi, sehingga efek pasir yang tertiupnya jadi kelihatan nyata

LANGKAH 5
Aktifkan kembali Layer 1, lalu gunakan Eraser Tool (E), gunakan Brush  yang sama dengan yang kita pakai tadi.. Kemudian hapus beberapa bagian yang perlu dihapus.
Setelah selesai, kemudian Flatten Image : Layer >> Flatten Image. Setelah menyatu duplikat lagi Layer Background atau tekan Ctrl+J

LANGKAH 6
Langkah terakhir, Blur Layer 1 dengan cara pilih Filter >> Blur >> Gaussian Blur. Ubah opacity Layer 1 menjadi 55%. Langkah ini untuk memberi kesaan Soft saja, kalaupun tidak digunakan juga tidak apa2.
Dan inilah hasil akhirnya
Gimana??? keren kan??
Selamat mencoba.....