Wednesday, May 8, 2013

Manfaat Jus Buah : Pentingnya Jus Buah

PENTINGNYA
JUS BUAH


             Buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan enzim yang sangat diperlukan tubuh. Buah biasa dimakan dalam keadaan segar setelah kita mengkonsumsi makanan utama (nasi beserta lauk pauknya). Selain itu, buah juga dapat kita nikmati dalam bentuk lain, seperti jus. Saat ini jus buah sering dipakai untuk terapi dalam proses penyembuhan penyakit. Penggunaan jus dalam terapi penyembuhan dipakai karena kandungan zat gizi dari dalam buah lebih cepat dan lebih mudah untuk dicerna tubuh. Selain itu, unsur mineral mikro lain seperti boron, selenium, dan kromium yang sangat dibutuhkan tubuh akan keluar ketika bahan makanan dibuat jus.
             Mineral selenium berperan melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker. Boron berfungsi penyerapan kalsium yang dibutuhkan anak-anak, remaja, dan lansia. Kromium bersama insulin berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Selain itu, berfungsi untuk memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel tubuh.
Jus buah juga dapat menggantikan pengeluaran vitamin dan mineral yang berlebih pada orang yang sedang sakit. Jika mengkonsumsi makanan padat, sebelumnya harus mengalami proses mastikasi untuk memperkecil volume makanan agar dapat dicerna lebih lanjut. Mekanisme seperti ini akan menjadi sulit pada orang yang sedang sakit, karena nafsu makannya berkurang dan kemampuan saluran pencernaan untuk bekerja juga berkurang. Agar dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh, tentunya kita harus mengetahui seberapa besar tubuh kita memerlukan gizi tersebut. Untuk kebutuhan gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak memang lebih mudah dengan panduan anjuran makan sebagai berikut.

  1. Karbohidrat 60 -70 % dari total makanan yang dikonsumsi.
  2. Protein 25% dari total makanan yang dikonsumsi
  3. Lemak 20 - 30% dari total makanan yang dikonsumsi
Kebutuhan vitamin dan mineral dapat dilihat di tabel angka kecukupan gizi (Tabel 1 dan 2)



Keterangan :
Angka di dalam kurung menunjukkan UL (Up Level) atau batas atas yang dianggap aman untuk dikonsumsi

Kebutuhan zat gizi mikro dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mencukupi. Dalam blog ini dan selanjutnya dibahas manfaat buah dalam menjaga kesehatan tubuh berdasarkan kandungan gizi dan fitokimia yang terdapat di dalamnya. Kandungan gizi yang tertera di atas berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap buah tersebut. Namun sayangnya belum semua jenis buah dianalisi, sehingga tidak semua zat gizi bisa ditampilkan.

Bersambung >>>>>>>>
Yang pengen dapat duit lewat internet silahkan klik disini... GRATISSSS!!!!