Tuesday, May 28, 2013

Tutorial Corel Draw : Kaos/ T-Shirt ala corel draw (Corel Draw Tutorial: Shirt / T-Shirt style corel draw)

Membuat Kaos dengan Corel Draw

Tutorial Corel Draw yang pertama kali terbit yang saya buat di blog ini adalah tentang membuat kaos oblong (bahasa kerennya sih T-Shirt). Jadi yang pengen bikin kaos untuk kelas, grup, ato yang mau reunian, mungkin bisa jadi bahan referensi. Oke, kita langsung saja ke TKP untuk membuatnya.

Langkah 1 
Klik bezier tool, dan buat objek kurva seperti gambar di bawah. Pertama buatlah garis yang saling berhubungan berbentuk kaos ( bentuk dasar, mirip kaos saja dulu ) menggunakan bezier tool. Buat melangkung seperti kurva bagian-bagian kaos dengan Shape Tool. Klik shape tool pada toolbox, lalu klik di bagian yang akan dilengkungkan misalnya bagian lengan kaos, klik kanan dan pilih convert line to curve. Klik dan geser tanda panah ( handle curve ) yang muncul sehingga mendapatkan lengkungan yang diinginkan.

Seperti ini kira2 designnya..


Langkah 2

Sekarang bagian kerah dan lengan bawah kaos yang kita lengkungkan dengan tool dan cara yang sama. Gunakan make node smooth untuk menghaluskan sambungan di lengan baju.

Langkah 3

Buat lekukan bagian bawah kaos, samping kanan dan kiri. Sebelumnya tambahkan dulu 2 node sebelah kiri dan 1 node sebelah kanan kaos. Lalu lekukan dengan cara yang sama menggunakan convert line to curve. Beri warna sesuai keinginan.

Langkah 4
Selanjutnya kita buat kurva untuk dijadikan sebagai lipatan kaos agar lebih menarik dan hidup. buat sembarang kurva seperti gambar di bawah, lalu lekukan bagian-bagian kurva dengan cara yang sama pula dengan langkah sebelumnya. (kira2 contohnya seperti ini), tapi bisa dibuat sesuai dengan selera masing2..hee

Langkah 5
Jika seluruh kurva sudah membentuk lengkungan yang diinginkan, beri warna kurva dengan warna yang lebih tua dari warna kaos (agar kelihatan efek 3 dimensinya jika dipasangkan nanti) dan hilangkan garis pada kurva, klik line tool pada toolbox–>klik kanan tanda silang untuk menghilangkan garis tepi pada gambar.



 Langkah 6

Letakan kurva tersebut di lengan kanan sebagai lipatan kaos. Agar objek bayangan ini yang berada diluar garis kaos hilang atau sesuai dengan bentuk kaos, gunakan instersect dan hapus aslinya


Langkah 7
Buat lagi lipatan kaos, tangan sebelah kiri dengan cara seperti tadi pada langkah 2 dan langkah 5.





Langkah 8
Buat 5 buah kurva berbentuk seperti daun bambu, letakkan kurva-kurva tersebut seperti ini:


Langkah 9
Buat dua persegi panjang yang saling menimpa menggunakan bezier tool kemudian lengkungkan dengan convert line to curve. Sesuaikan dengan lengkungan kaos bagian leher seperti gambar di bawah, sekali lagi jika ada objek ini ada yang berada di luar garis kaos gunakan intersect dan hapus aslinya. Beri warna yang lebih muda dari warna kaos seperti ini: 





Langkah 10
Terakhir pasang desain yang di buat sendiri atau desain yang sudah ada seperti vertor floral desain yang telah saya berikan di sini. Misalnya desainnya seperti ini:




Langkah 11
Letakkan di mana saja sobat mau, misalnya diletakkan di tengah. Perkecil ukuran atau sesuaikan dengan desain kaos selanjutnya pindahkan sesuai dengan letak yang Anda mau menggunakan pick tool.
Dan inilah hasil akhir perjuangan kita tadi, atau dalam bahasa jawanya RESULT.hee