Sunday, August 24, 2014

Kurang baik makan mie dan nasi

Kebiasaan kebanyakan orang mengkonsumsi makanan hemat biasanya dengan nasi dan mie. Ternyata kebiasaan tersebut jika dilakukan akan menyebabkan tubuh tidak sehat dimasa yang akan datang.
Nasi dan mie sama-sama mengandung karbohidrat, saat kita makan nasi dengan porsi kecil (seperti porsi nasi di warung padang) mengandung 400 kalori. Ditambah lagi dengan makan mie yang mengandung 300 - 350 kalori, jadi jika kita mengkonsumsi nasi dan mie bersamaan akan menghasilkan 750 - 800 kalori.
Jika kita makan secara normal, makanan yang dicerna oleh pangkreas akan menghasilkan hormon insulin. Maka ketika makanan kita banyak dan kalorinya tinggi insulin akan melonjak tinggi, makin lama sel tubuh kita akan resisten terhadap insulin dan akhirnya pangkreas akan "lelah" karena insulin banyak dikeluarkan sehingga menyebabkan penyakit diabetes.
Apabila kita malas beraktivitas dan jarang berolahraga, karbohidrat yang dikonsumsi akan dipecah menjadi lemak. "Lemak jahat" dimetabolisme oleh saluran pencernaan dan akan dikirim ke hati, lemak juga akan berkumpul di perut yang akhirnya menyebabkan obesitas. Lingkar perut melebihi setengah tinggi badan akan memicu berbagai macam penyakit, diantaranya diabetes.
Kebiasaan makan yang sederhana ini pelan-pelan mulai untuk dirubah. Jika kita akan mengkonsumsi karbohidrat lengkapi dengan kebutuhan yang lainnya, jangan lupa menambahkan protein, lemak baik, vitamin dan mineral.
Sumber: Dr Oz Indonesia